Ilmu Komunikasi UNY Sukses Selenggarakan Seminar Nasional

(04/10) Jurusan Ilmu Komunikasi FIS UNY berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk “Menjadi Generasi Media yang Kreatif dan Inovatif” dengan lancar dan sukses. Acara ini terselenggara pada hari Selasa, 4 Oktober 2016. Peserta Seminar Nasional ini berhasil memenuhi Ruang Sidang Utama Rektorat UNY yang berkuota 270 kursi.Pembicara pertama yang berasal dari kalangan akademisi yaitu Dyna Herlina S, M. Sc. Dosen Komunikasi UNY itu memaparkan bagaimana perubahan karakteristik media saat ini. Dewasa ini, masyarakat juga memiliki peran besar dalam pembuatan konten di media.

Kemudian pembicara berikutnya dari praktisi kepenulisan kreatif yaitu Aditya Rizki Yudiantika. Chief Information Officer mojok.co itu menjelaskan karakteristik dari mojok.co sebagai media alternatif yang bernuansa menghibur. Media ini sedang banyak dibaca oleh anak muda karena gaya bahasanya yang tidak kaku dan bersifat naratif sehingga mudah dipahami.

Pembicara terakhir yaitu Yessy Yani Agus yang merupakan ahli di bidang pembuatan konten kreatif digital. Produser Eksekutif ‘My Trip My Adventure’ Trans TV ini menceritakan bagaimana suka duka bekerja di dunia media. Perempuan yang memiliki nama panggung Jessica Desaratu ini membawakan materi presentasinya dengan hangat dan menghibur. Bahkan beberapa peserta yang beruntung mendapatkanmerchandise eksklusif dari ‘My Trip My Adventure’.

Seminar Nasional ini merupakan bukti kepedulian sivitas akademika Komunikasi UNY terhadap konten yang ada di media saat ini. Harapannya masyarakat dapat menyeleksi mana konten yang layak konsumsi dan mana yang seharusnya dibuang. Bahkan, kalau bisa masyarakat dapat membuat konten media sendiri yang sehat dan bermanfaat

 

Nazlan Syahputra