Pengabdian Masyarakat HIMAKOM UNY 2016

Pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY 2016 melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan program kerja dari divisi  Litbang (Penelitian dan Pengembangan) yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu-Minggu, 14-15 Mei 2016 di dusun Gadingharjo, Donotirto, Kretek, Bantul, Yk. Tepatnya di kring Gadingharjo. Mengingat di dusun gadingharjo ada tiga kring. Mengingat keterbatasan SDM dan waktu, HIMAKOM memilih untuk melaksanakan kegiatan di kring Gadingharjo setelah konsultasi dengan kepala dusun Gadingharjo. Kegiatan tersebut dilaksanakan selain program kerja HIMAKOM, juga merupakan upaya mahasiswa HIMAKOM untuk menjalin silaturahmi dan terjun langsung ke masyarakat dalam wujud pengabdian sebagai mahasiswa.

Setelah melakukan survei dan komunikasi dengan kepala dusun beserta pemuda dusun tersebut, segala persiapan acara dapat dilakukan dengan baik. HIMAKOM melakukan komunikasi dan koordinasi yang intensif dengan mereka agar terjalin kerja sama yang baik antara mahasiswa dengan pihak dusun. Sejumlah acara dalam kegiatan telah direncanakan dengan matang, sehingga pada realisasisnya dapat berjalan lancar. Antara lain mengecat dua gapura dusun gadingharjo sebagai bentuk kenang-kenangan HIMAKOM untuk dusun gadingharjo, literasi media mengenai bagaimana cara menggunakan gadget dengan cerdas, dan jalan sehat. Kegiataan Pengabdian Masyarakat di dusun Gadingharjo tidak akan berjalan  dengan lancara tanpa adanya apresiasi dari wagra setempat. Para mahasiswa himakom terkesan dengan antusiaw warga dalam menyambut acara yang di selenggarakan. Sejak survei, warga sangat menyambut baik maksud kedatangan mahasiswa hingga hari pelaksanaan. Para pemuda karang taruna dusun gadingharho juga berpatisipasi aktif dalam segala persiapan acara.

Yang menjadi pokok acara dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat HIMAKOM adalah literasi media. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana bersikap dengan bijak menghadapi media yang berkembang pesat seperti saat ini. Gadget dipilih menjadi tema literasi media karena saat ini gadget sudah bukan merupakan barang yang mewah. Masyarakat di segala usia memiliki barang tersebut. Oleh karena itu, mengingat ada banyak sekali hal yang dapat diakss melalui akses, HIMAKOM mengadakan literasi media tentang bagaimana menggunakan gadget dengan cerdas. Selain sosialisasi, setelah menyampaian materi, pihak HIMAKOM memutarkan film Cahaya dari Timur yang dapat ditonton oleh semua umur. Pemutaran film selain sebagai hiburan, juga untuk memberikan tontontan bagi masyarakat yang mendidik dan dapat memotivasi.

Rangkaian acara yang terakhir dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat HIMAKOM adalah jalan sehat. Sekitar pukul 06.15, acara tersebut dimulai dengan diawali pemotongan pita oleh kepala dusun. Apresiasi warga begitu tinggi sehingga peserta jalan sehat cukup banyak dan ramai. Rute jalan sehat sekitar 2 km mengitari dusun Gadingharjo. Setelah jalan sehat, dilanjutkan dengan acara makan bubur bersama. Sebagai moment dalam merekatkan kebersamaan antara mahasiswa dengan warga setempat. Puncak kegiatan PM adalah pembagian doorprize jalan sehat. Selama pembagian doorprze dan hiburan, diselingi permainan-permainan berhadiah yang mampu memeriahkan suasana. Acara ditutup setelah penyerahan hadia utama yaitu dispenser oleh ketua HIMAKOM. Diwakili ketua pelaksana PM, penutupan, sekaligus ucapan terima atas apresiasi warga kring Gadingharjo yang tinggi dan pamit kepada warga.