PRODI ILMU KOMUNIKASI FIS UNY KERJASAMA DENGAN KASKUS

Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) bekerjasama dengan Kaskus mengadakan acara bertajuk “The Future of Content Creator”. Acara ini digelar Senin, (20/11) lalu di ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY.

Materi yang disampaikan di depan 200 lebih mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi  ini dikemas dengan sangat menarik oleh para narasumber. Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai pemateri Bona Ventura Genta yang merupakan penulis thread “Keluarga Tak Kasat Mata” pada forum Kaskus. dan karyanya pun sudah difilmkan. Hadir sebagai pembicara selanjutnya Yuda Usman Abidin dan Dominiko Dhany keduanya merupakan Kaskus creator. Sedangkan pembicara internal UNY, dihadirkan Benni Setiawan, M.S.I yang merupakan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi sekaligus penulis.

Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, khususnya mengenai peluang dan masa depan penulis konten kreatif pada media baru. Selain itu dalam event tersebut diharapkan mampu mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi era digital. Di era ini banyak bermunculan content creator yang menggeluti bidang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Penyaluran minat dan bakat ini bisa disalurkan melalui berbagai macam pilihan platform yang ada saat ini. Antusiasme mahasiswa pada acara ini sangat tinggi, hal ini tampak dari banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya jawab. Selain itu, mereka merasa termotivasi dengan adanya diskusi secara langsung dengan para narasumber.

Pada kesempatan tersebut, Yuda menyatakan bahwa Kaskus saat ini menghadirkan sebuah wadah baru berupa Kaskus creator. Wadah ini diperuntukkan bagi para mahasiswa yang memiliki hobi tulis menulis dan ingin mengembangkan serta mengasahnya menjadi kegiatan positif yang menghasilkan. Pada Kaskus creator ini, penulis bebas menulis di forum mana saja dan dengan tema apa saja. Dominiko menambahkan bahwa ketika penulis sudah membuat thread dan sudah melalui tahap proses review tim Kaskus creator, tahap selanjutnya adalah mulai mengumpulkan poin. Jika jumlah thread bisa mencapai 50.000 views, hal ini berarti penulis memperoleh 5.000 poin yang dapat ditukarkan dengan uang sejumlah Rp 50.000 kepada pihak Kaskus.

Penjelasan kedua pembicara tersebut sejalan dengan apa yang sudah dilakukan oleh Bona Ventura Genta, berawal dari Kaskus, thread  laki-laki yang akrab disapa Genta tersebut berhasil mencuri mata lebih dari 10 juta viewers Kaskus hingga akhirnya menarik perhatian penerbit dan dibukukan dengan judul yang sama “Keluarga Tak Kasat mata”. Tahun 2017, cerita ini akhirnya difilmkan.

Sedangkan Benni Setiawan yang juga merupakan pembicara sekaligus dosen prodi Ilmu Komunikasi FIS UNY mengatakan, “Banyaknya situs-situs yang memberikan kesempatan pada penulis muda untuk berkarya ini seharusnya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan kreativitas mereka di bidang tulis menulis”.  (Chatia/sari)