MAHASISWA KOMSTRAT ILKOM FIS UNY GELAR KEGIATAN RESIK PANTAI DI GOA CEMARA

Mahasiswa Konsentrasi Komunikasi Strategis (Komstrat) Jurusan Ilmu Komunikasi (IlKom), Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada Minggu (10/12) menggelar acara berupa kegiatan peduli lingkungan di Pantai Goa Cemara. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa ilkom yang memilih konsentrasi Komunikasi Strategis (komstrat) jurusan Ilmu Komunikasi UNY 2015 bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Acara ini dihadiri Sumanto selaku perwakilan Dinas Pariwisata Bantul, Wakil Dekan III FIS UNY Drs. Muhamad Nur Rokhman, M.Pd, beserta Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi UNY, Dra. Pratiwi Wahyu Widiarti, M.Si, Suratijo selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Pantai Goa Cemara. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, pengunjung dan masyarakat sekitar Pantai Goa Cemara.

Disampaikan Pratiwi, “Acara ini merupakan wujud dari kepedulian lingkungan mahasiswa yang bertemakan “Resik Pantaiku, Adem Atiku”. Hidup yang sehat berawal dari lingkungan yang sehat pula, untuk menciptakan lingkungan yang sehat, masyarakat haruslah memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungannya, melalui acara bersih-bersih pantai ini kami mengajak masyarakat dan pengunjung untuk menjaga potensi wisata lokal di Bantul.”ujarnya.

Kondisi dari Pantai Goa Cemara ini memang menarik untuk dijadikan tujuan wisata keluarga. Dengan banyaknya wisatawan, salah satu permasalahan yang berkaitan dengan objek wisata adalah sampah. Melalui aksi bersih-bersih dan penyuluhan ini  diharapkan masyarakat dapat menjadi lebih peduli akan kebersihan lingkungan dan menjaga potensi wisata lokal.

“Melalui acara ini kita mengajak beberapa pihak seperti masyarakat, komunitas dan mahasiswa untuk turut serta berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan Pantai Goa Cemara. Harapannya para peserta bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini agar dalam kesehariannya dapat turut menjaga kebersihan lingkungan sekitar.” ujar Bambang Setyomoko selaku Ketua Panitia Resik Pantai 2017.

Acara ini dimulai tepat pada pukul 08:30 pagi yang disambut oleh Perwakilan Dinas Pariwisata, Perwakilan Dosen Ilmu Komunikasi UNY Dra. Pratiwi Wahyu Widiarti, M.Si. dan dilanjutkan dengan penyerahan tempat sampah oleh Ilmu Komunikasi Strategis UNY 2015 kepada Pokdarwis.
Kegiatan ini diawali dengan senam pagi oleh seluruh peserta dan diiringi dengan musik energik untuk membangun semangat para peserta sebelum melakukan resik pantai, Selanjutnya acara pun dilanjutkan dengan bersih-bersih Pantai Goa Cemara dan sekitarnya. Kegiatan ini selain dilakukan oleh mahasiswa Ilkom juga melibatkan peran serta warga sekitar pantai. (sari)