National Symposium of Communication Science 2021, Ikhtiar Membangun Kolaborasi dan Muldisiplin Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta baru saja menghelat National Symposium of Communication Science (NASCOM) secara daring. Acara tersebut mengangkat tema “Implementasi Kajian Ilmu Komunikasi dan Multidisipliner Ilmu dalam Membangun Indonesia”. Kegiatan ini terdiri dari sesi conference dan sesi paralel yang dilaksanakan secara daring/online melalui platform zoom meeting dengan Keynote Speaker Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. Beliau mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya kepada seluruh partisipan NASCOM 2021 untuk saling bahu membahu dalam mendukung bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sumaryanto berkomitmen untuk terus membina talenta-talenta yang dimiliki oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi beserta dosen dan tendik sehingga dapat mengahadirkan juara-juara baru. Beliau juga berharap kegiatan symposium dapat terus dilaksanakan.

Sekretaris jurusan Ilmu Komunikasi FIS UNY sekaligus Ketua Steering Committee NASCOM 2021, Benni Setiawan, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari milad ke-7 Ilmu Komunikasi FIS UNY dan National Symposium of Communciation Science merupakan acara puncak dies natalis Ilkom UNY. Harapannya prodi Ilkom UNY dapat membawa  nama baik UNY di pentas nasional maupun global. NASCOM 2021 dihadiri pula oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Suhadi Purwantara., M.Si, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta, serta delegasi dari berbagai organisasi mahasiswa.

NASCOM 2021 terdiri dari sesi conference dan sesi paralel. Pada sesi conference ini dihadiri oleh 330 peserta yang berasal dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia. Sesi Conference NASCOM 2021 menghadirkan Prof. Suranto Aw., M.Pd., M.Si. yang merupakan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta sebagai panelis pertama dengan sub tema “Mengevaluasi Iklim Komunikasi di Indonesia”. Prof. Suranto memaparkan, “Iklim komunikasi saat ini didominasi oleh teknologi virtual dan teknologi digital, sehingga proses komunikasi mau tidak mau harus juga kita rancang untuk memanfaatkan kekuatan-kekuatan teknologi informasi itu”, jelasnya.

Penelis kedua yang merupakan dosen Universitas Indonesia, Dr. Inaya Rakhmani membahas sub tema “Komunikasi dan Perkembangan Disrupsi Dunia Penyiaran”. Dari materi yang dipaparkan, Dr. Inaya berharap bahwa kita dapat lebih literate dan lebih empatik ketika memposting di media sosial, serta melatih dan mengimplementasikan daya pikir daya nalar kritis dalam ruang-ruang media yang semakin bebas.

Sub tema selanjutnya adalah “Komunikasi dan Perkembangan Peradaban Digital” disampaikan oleh Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc., Ph.D. Guru Besar Universitas Hasanuddin sebagai panelis ketiga. “Tidak seperti revolusi insdustri sebelumnya yang bergerak secara linear, komunikasi Industri 4.0 bergerak eksponensial dan bergerak dengan modus jaringan sehingga informasi cepat sekali menyebar” jelasnya. Prof. Hafied juga memaparkan bahwa kita harus dapat beradaptasi namun jangan sampai bergantung terhadap teknologi yang super cerdas karena hal itu dapat mengamputasi kemampuan dasar manusia yakni berfikir dan berkomunikasi secara tatap muka.

Setelah sesi conference, kegiatan dilanjutkan dengan sesi paralel. Pada sesi ini peserta yang telah mengikuti Call For Paper sebelumnya mempresentasikan hasil penelitiannya kepada 150 partisipan yang hadir. Setelah sesi paralel berakhir, kegiatan NASCOM 2021 ditutup secara resmi oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Dra. Pratiwi Wahyu Widiyarti, M.Si. Sebelum menutup kegiatan NASCOM 2021, beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan berharap agar seluruh participant dapat menyerap ilmu yang telah disampaikan pada kegiatan ini.

National Symposium of Communication Science ini diharapkan dapat menjadi wadah kolaboratif antara kajian Ilmu Komunikasi dengan multidisipliner ilmu untuk memberikan pemecahan masalah yang ada di Indonesia sesuai dengan tema besar yang diangkat.

Tags: