Mengoptimalkan Keunggulan Radio di Era Digital

Judul Buku : Radio Is Sound Only – Pengantar dan Prinsip Penyiaran Radio di Era Digital

Pengarang : Haliantara Harley Prayudha dan Andy Rustam M.

Penerbit : Broadcastmagz Publisher

Halaman : 202 Halaman

ISBN : 978 - 602 – 17352 – 4 – 4

Dalam menjalankan acara penyiaran radio perlu melakukan riset internal dan kajian-kajian khusus perencanaan program. Programer radio selain memiliki kemampuan untuk merencakan progarm juga harus memahami fungsi program yang diintegrasikan dengan pengetahuan perkembangan penyiaran radio. Setelah melakukan riset dan memahami fungsi programing radio, strategi programing menjadi penting untuk menjalankan fungsi penyiaran. Rencana yang cermat untuk menata atau mengatur materi siaran sedemikian rupa untuk mendapatkan dan mengembangkan pendengar. Format dan programing radio, bagaimana membuat program menarik dan mendapatkan pendengar. Strategi perencanaan penyiaran radio salah satunya membangun format radio, konten dari konsisten programing di desain semenarik mungkin untuk target market sesuai segmentasi yang dituju. Misalnya format demografi seperti, usia, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi (social economic status). Ketika mendengarkan radio tentu suara pertama yang terdengar ialah jingles yang menjadi ciri khas siaran radio. Selain jingles, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam siaran radio ialah live performance, suara, isi, bahasa, dan gaya penampilan.

Pelaku utama dari penyiaran radio adalah penyiar itu sendiri, yang menyeru pada radio. Prayudha dan Andy Rustam menjelaskan bahwa terkadang seorang penyiar dideskripsikan sebagai seorang yang ideal. Sifat ideal yang dimaksud meliputi suasana hangat, memiliki rasa humor, cerdas, punya rasa saling berbagi, teman yang selalu menemani dengan baik, dapat dipercaya, memiliki rasa percaya diri, bersemangat dan optimis. Seorang penyiar paling tidak memnuhi syarat yang meliputi, mempunyai kualitas vokal yang memadai, mampu melaksanakan ‘adlibbing’ dan ‘script reading’ dengan baik, memahami format radionya dan format clock, memahami secara mendalam segmentasi pendengarnya, memperlihatkan simpati dan empati terhadap pendengarnya, mampu menghasilkan gagasan-gagasan segar dan kreatif dalam siarannya, dan mampu bekerja sama dalam tim.

Periklanan dalam penyiaran radio terdiri dari macam-macam jenis format yakni spot dan sponsorship. Durasi spot kisaran 10 hingga 60 detik, sedangkan acara yang di sponsori tergantung kebijakan stasiun radio. Pada format sponsor ada tiga bentuk iklan yang terdiri dari, jaringan, promosi singkat, biasanya dalam jangka waktu 2 hingga 8 minggu, dan yang terakhir promosi 6 hingga 12 bulan. Dari pengalaman penulis disebutkan bagaimana implementasi proses pemasangan iklan di penyiaran radio dan administrasi penjualan dalam membuat placement order berdasarkan persetujuan antara staf penjualan dengan klien yang terdapat pada media order.

Perkembangan era radio digital semakin meningkatkan efisiensi penggunaan kanal frekuensi. Satu kanal pada radio digital mampu menampung lebih banyak program siaran. Radio digital juga mendukung terjadinya era konvergensi multimedia. Dengan demikian, penyelenggara radio tidak perlu membangun infrastruktur jaringan transmisi seperti frekuensi meter transmitter, menara pemancar, saluran transmisi, antena. Era digitalisasi saat ini sudah ada standar radio digital yang dikenalkan oleh International Telecomunication Union (ITU), yaitu DAB (Digital Audio Broadcasting) dan DRM (Digital Radio Mondiale). Keduanya mengacu pada teknologi standar asal Eropa, sedangkan HD-Radio/IBOC (In-Band-On-Channel) dari Amerika Serikat dan ISDB-TSB (Integrated Services Digital Broadcasting-Terrestrial Sound Broadcasting) merupakan standar radio digital dari Jepang.

Melalui buku ini yang menggabungkan beragam teori komunikasi terkait radio dan hasil dari praktik selama puluhan tahun, penulis Harliantara Harley Prayudha dan Andy Rustam Munaf berupaya mengajak Anda untuk mengoptimalkan Keunggulan Radio dalam kondisi kekinian, era digital. Dalam paparan Harliantara Harley Prayudha dari bab 1 sampai bab 5, penulis coba mengajak Anda untuk menyelami beragam teori komunikasi yang bisa dan telah diimplementasikan menjadi bagian dunia radio. Tak hanya itu, dengan keterlibatannya secara langsung sebagai praktisi hingga sekarang, Harliantara Harley Prayudha pun memberikan sejumlah tips, terutama bagi para penyiar. Sementara itu, Andy Rustam Munaf dengan bahasa yang ringan juga kritis berupaya memberikan pemahaman esensi radio yang diuraikan dalam puluhan artikel yang tersimpan dalam bab 7 dan ini bisa diharapkan bisa mencerahkan dan melekatkan prinsip bagi siapa pun yang sudah dan ingin memasuki dunia radio sehingga mereka tak sekedar tahu, tetapi bisa paham.

 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
7 + 5 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.