Visi & Misi

VISI

Pada tahun 2015 menjadi program studi unggulan yang menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

 

MISI

Misi Program Studi Ilmu Komunikasi (PSIK) disusun mengacu kepada misi FIS dan UNY (Renstra FIS 2011-2014 dan UNY 2011-2014).

a. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang ilmu komunikasi yang berwawasan lokal, nasional, dan internasional.

b. Menumbuhkembangkan kemampuan meneliti bagi dosen dan mahasiswa dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu komunikasi.

c. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud komitmen terhadap permasalahan komunikasi dan informasi.

d. Membangun budaya akademik yang berkarakter untuk  menghasilkan lulusan yang profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

e. Memantapkan sistem kelembagaan dan membangun jejaring untuk menunjang fungsi Program Studi Ilmu Komunikasi.

 

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi yang telah dirumuskan di atas, tujuan PSIK adalah menghasilkan sarjana ilmu komunikasi  yang unggul, profesional, berdedikasi, bermartabat, dan memiliki kualifikasi:

  1. mampu menerapkan pengetahuan, nilai, dan keterampilan teknologi yang dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada publik
  2. menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan secara metodologis di bidang ilmu komunikasi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara menyelesaikan masalah yang ada dalam kawasan keahliannya.
  3. menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir kritis, bersikap arif, dan bertindak bijaksana sebagai ilmuwan di bidang ilmu komunikasi.
  4. mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu komunikasi.